Apa Sih Kerjaan Agen Properti di Palembang? Mengapa Membutuhkannya? Bagaimana Mencari Agen yang Terbaik?

Ada seabreg cara yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses pencarian properti seperti yang Anda inginkan. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan bantuan dari agen. Ya, buat Anda yang belum tahu, ada beberapa orang di luar sana yang pekerjaannya adalah membantu orang-orang yang sedang mencari properti. Mungkin Anda lebih familiar dengan istilah “makelar”. Kurang lebih agen properti dan makelar adalah dua hal yang sama. Namun karena istilah “makelar” akhir-akhir ini mengalami fenomena peyorasi (maknanya cenderung menjadi buruk), mari kita gunakan istilah agen properti saja.

 

Di semua daerah di Indonesia (bahkan di daerah yang terpencil sekalipun) tidaklah susah untuk mencari agen properti, termasuk juga di Palembang. Coba saja Anda mencari agen properti di Palembang dan Anda akan langsung disuguhkan banyak alternatif di depan Anda. Tugas agen properti dalam mempermudah Anda sebenarnya terbilang sederhana. Orang-orang yang bekerja untuk agen properti biasanya sudah terlebih dahulu berburu properti di Palembang dan sekitarnya. Tidak lupa, mereka juga mengumpulkan informasi tentang properti-properti itu termasuk tentang harga, lokasi, bahkan sampai mengambil foto propertinya. Tujuannya adalah untuk membuat listing atau daftar properti yang sedang dijual. Sebagai contohnya, Anda bisa melihat daftar properti yang dijual di Palembang seperti di bawah ini

Apa yang Dilakukan Agen Properti

Sebagai orang yang sedang mencari properti, tentunya akan jadi sangat mudah jika daftar properti yang sedang dijual di Palembang disuguhkan di depan Anda. Inilah jasa yang ditawarkan oleh agen properti di Palembang. Dan cara mencari properti seperti ini sangat cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk berburu properti atau Anda memang cukup malas untuk melakukannya. Lalu, apa yang didapatkan oleh agen properti tersebut? Ada dua macam komisi yang bisa mereka peroleh. Yang pertama, mereka mendapatkan komisi dari Anda. Ya, karena Anda menggunakan jasa agen properti untuk membantu Anda, tentunya ada kompensasi biaya “lelah” yang harus Anda bayarkan. Dan yang kedua, agen properti bisa mendapatkan komisi dari orang yang memiliki properti. Hitung-hitung sebagai biaya pengiklanan properti yang sedang dijual. Dan bisa jadi, agen properti mengambil keuntungan dari kedua cara di atas sekaligus (yang mana hampir semua agen properti melakukannya).

Memilih Agen yang Terbaik

Jika memang Anda tertarik untuk menggunakan agen properti dalam mencari properti, pastikan Anda mendapatkan bantuan yang tepat. Walaupun banyak agen properti di luar sana, ternyata ada banyak juga yang jenisnya abal-abal. Hindari memilih agen seperti itu karena bisa membuat Anda menyia-nyiakan uang dan waktu. Lalu bagaimana cara memilihnya?

1. Pilih yang Memiliki Reputasi Baik

Reputasi dan nama besar selalu bisa menjadi standar penilaian bagi Anda. Akan lebih aman bagi Anda untuk memilih agen properti yang memiliki nama besar atau sudah terkenal. Lebih baik lagi jika Anda mendapatkan rekomendasi agen properti dari orang yang Anda kenal dan sudah pernah menggunakan jasa tersebut sebelumnya. Jadi paling tidak, Anda bisa berharap mendapatkan kepuasan seperti yang dialami oleh orang yang merekomendasikan tersebut.

2. Lihat Daftar Propertinya

Hal ini sangat penting. Percuma jika Anda mempercayakan proses pencarian properti Anda pada agen yang daftar propertinya masih sangat sedikit. Lebih baik Anda mencari sendiri, bukan? Semakin banyak properti yang dimasukkan ke dalam daftar yang ditawarkan pada Anda maka akan lebih baik. Artinya, Anda akan memiliki lebih banyak alternatif yang bisa Anda pilih nantinya.

3. Bandingkan Pelayanannya

 

Dan yang terakhir adalah pelayanannya. Jangan lupakan posisi Anda sebagai konsumen dan Anda berhak untuk diperlakukan selayakanya konsumen. Jika agen properti yang Anda pilih ternyata tidak ramah dan tidak baik dalam melayani Anda, lebih baik tinggalkan saja meskipun daftar propertinya banyak.