Kesulitan Jual Tanah di Palembang? Ini Dia Cara Menjual Tanah di Palembang dengan Metode Cerdas!

Punya tanah yang menganggur? Anda baru saja dapat tanah dari hasil warisan? Apakah Anda tertarik untuk menjualnya? Ya, menjual tanah memang menjadi salah satu bentuk penjualan yang sangat menjanjikan karena tanah merupakan properti, dan kita semua tahu properti selalu menjadi hal yang banyak dicari belakangan ini. Tapi jangan salah, walaupun banyak orang yang butuh tanah untuk mendirikan bangunan nantinya, ternyata tidak selamanya menjual tanah itu gampang. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa cara untuk mempermudahnya dan kita akan berfokus pada cara menjual tanah di Palembang. Mari kita lihat bersama.

Cek Harga Pasar

 

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari hanya karena Anda tidak melakukan pengecekan harga tanah di pasaran. Meskipun kita semua tahu harga tanah cenderung selalu meningkat, tapi tetap saja Anda harus mengetahui harga pasaran. Menentukan harga tanah bukan perkara yang mudah. Jika Anda menawarkannya di atas harga pasaran, bisa-bisa tanah Anda tidak laku-laku. Tapi jika Anda menjualnya di bawah harga pasar, tentu saja Anda akan mengalami kerugian. Untuk mengecek harga pasar sebenarnya bukan hal yang susah. Anda tinggal mencari orang-orang yang mengiklankan tanah mereka di berbagai media seperti media online atau koran lokal. Anda juga bisa mencari informasi dari agen properti. Dari sana, Anda akan mendapatkan informasi yang bisa kemudian jadi bahan perbandingan bagi Anda. Sebagai contoh, Anda bisa melihat daftar tanah yang dijual di daerah Palembang seperti yang tertera di bawah ini. 

Bandingkan tanah-tanah tersebut dengan melihat lokasi dan luasnya. Fokuslah pada lokasi yang berdekatan dengan lokasi tanah Anda. Lihat berapa harga jual per meter perseginya. Kemudian Anda bisa menggunakan harga yang sama untuk tanah Anda.

Tengok Kondisi Tanah

Mengecek kondisi tanah juga merupakan hal yang penting karena akan mempengaruhi harga jual tanah Anda nantinya. Sebagai contoh, Anda sudah mendapatkan informasi tentang harga pasaran tanah di sekitar lokasi tanah milik Anda. Tapi ternyata kontur tanah Anda tidak rata. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan orang-orang yang akan membelinya. Atau ternyata di sekitar lokasi tanah Anda lingkungannya tidak terlalu baik, seperti ada tempat pembuangan sampah sementara yang letaknya tidak jauh dari tanah Anda. Hal-hal di atas harus Anda pertimbangkan dalam menentukan harga tanah Anda. Tentunya jika kasus-kasus di atas terjadi pada tanah Anda, sebaiknya Anda menurunkan harga jual di bawah harga pasaran agar tanah Anda tidak terlalu susah dijual.

Cek Kelengkapan Surat-suratnya

Tips atau cara menjual tanah di Palembang yang berikutnya adalah melakukan pengecekan ulang pada surat-surat tanah Anda. Akan jadi hal yang konyol jika Anda sudah terlanjur mengiklankan tanah Anda dan kemudian ada calon pembeli yang tertarik. Dan ketika ditanya-tanya oleh calon pembeli tersebut, Anda menjawab, “Waduh, kalau masalah surat, sebentar ya, masih saya cari. Saya lupa menyimpannya di mana.” Bisa-bisa si calon pembeli langsung kabur karena menganggap Anda tidak terlalu serius menjual tanah Anda.

Kelengkapan surat juga akan mempengaruhi harga jual tanah Anda. Sebagai ilustrasi, anggaplah ternyata status surat tanah Anda masih berupa HGB bukannya SHM. Tentu saja harga tanah yang HGB akan lebih murah dibandingkan yang SHM. Anda tidak bisa mengharapkan menjual terlalu tinggi dengan status tanah yang seperti itu.

Gunakan Agen Properti atau Tawarkan Secara Online

 

Nah, untuk mempermudah Anda dalam menjual tanah yang Anda miliki, gunakanlah bantuan dari agen properti. Atau Anda juga bisa menawarkan secara online. Lalu, kenapa tidak menggunakan bantuan dari iklan media lokal? Cara tersebut juga bisa Anda lakukan tapi Anda juga harus paham bahwa kebanyakan orang saat ini sudah melek internet. Mereka lebih suka melakukan perburuan tanah dengan menggunakan bantuan internet. Kenapa tidak Anda manfaatkan saja? Selain itu, mengiklankan secara online juga akan memperluas pemasaran tanah karena tanah yang Anda tawarkan bisa dilihat oleh semua orang, tidak hanya yang ada di Palembang saja.