Jual Tanah di Palembang Sebagai Bentuk Investasi yang Menjanjikan! Hati-hati Jangan Hanya Latah!

Sebagai salah satu daerah yang berkembang sangat pesat di pulau Sumatera, Palembang memang menjadi daerah yang dibidik oleh para pengembang properti. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya perumahan yang dibangun oleh berbagai developer. Kondisi tersebut sebenarnya merupakan hal yang sangat baik karena tanpa disadari, dengan adanya pembangunan seperti itu, geliat ekonomi kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera-nya ini menjadi semakin meningkat. Belum lagi kenyataan bahwa pembangunan tersebut juga akan membantu banyak orang di Palembang untuk memiliki rumah.

Salah satu imbas yang terjadi akibat pesatnya perkembangan di bidang properti di Kota Palembang adalah semakin banyaknya orang yang jual tanah di Palembang. Tidak hanya itu saja, jika Anda jeli, Anda akan menemukan bahwa jumlah orang yang tertarik untuk melakukan investasi di bidang properti khususnya di bidang jual beli tanah juga semakin meningkat. Apakah Anda termasuk yang memiliki ketertarikan serupa?

Investasi Tanah di Palembang

 

Tidak bisa dipungkiri, investasi properti dalam bentuk tanah di Palembang memang terbilang sangat menjanjikan. Di Palembang, masih cukup banyak terdapat tanah kosong yang bisa dijadikan bahan investasi. Anda bisa mencoba untuk membeli tanah tersebut kemudian nantinya bisa Anda jual lagi atau Anda coba untuk mendirikan properti di sana agar harga tanah yang Anda jual nantinya juga semakin meningkat. Untuk cara pemasarannya, Anda bisa menawarkannya melalui berbagai media termasuk juga online. Ada banyak sekali listing yang menampilkan daftar orang yang menjual tanah di Kota Palembang. Di bawah ini adalah contoh beberapa listing yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai sumber informasi untuk mencari tanah sebagai investasi Anda

Jangan Latah Investasi Tanpa Pengetahuan yang Benar

Percaya atau tidak, setelah Anda memahami kondisi perkembangan investasi properti di Palembang seperti yang sudah disebutkan di atas, jumlah orang yang melakukan investasi properti (termasuk tanah) di Palembang semakin banyak. Tapi cukup disayangkan, banyak dari orang-orang tersebut yang hanya ikut-ikutan saja. Padahal investasi tanah tidak bisa dilakukan begitu saja. Perlu berbagai macam pengetahuan dan persiapan yang harus dilakukan. Sejumlah uang untuk diinvestasikan saja tidaklah cukup. Sebagai ilustrasi bagi Anda tentang bahayanya “latah” berinvestasi tanah, Anda bisa lihat cerita nyata di bawah ini.

Sebut saja seorang pria bernama Paijo tertarik melakukan investasi tanah di Palembang karena tahu teman-temannya berhasil mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari investasi tersebut. Paijo kemudian berinisiatif untuk mencari lokasi tanah untuk investasi dan dia sengaja memilih lokasi yang jauh dari kota karena dia ingin tanahnya nanti bisa dibangun perumahan di daerah yang masih asri. Dia berpikir hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi investasinya. Dan dia yakin nantinya akan ada banyak developer yang ingin menjalin kerja sama dengannya untuk membangun perumahan di lokasi yang dia pilih tersebut.

Singkat cerita, Paijo pun menginvetasikan tabungannya untuk membeli rumah di daerah yang cukup jauh dari kota yang memang masih cukup asri. Kemudian Paijo mulai mengiklankan asetnya tersebut dengan menyebutkan bahwa dia sedang jual tanah di Palembang. Iklan tersebut dia sebar di berbagai media. Namun ternyata sampai 10 tahun, belum ada developer yang tertarik untuk bekerja sama dengannya. Paijo sendiri sudah tidak punya uang untuk membangun bangunan rumah di tanahnya tersebut. Akhirnya selama 10 tahun, tanah tersebut hanya ditinggalkan menganggur. Dan selama 10 tahun pula, Paijo diwajibkan untuk membayar PBB tanpa menerima sepeserpun keuntungan dari investasinya tersebut.

 

Pelajaran yang bisa diambil di sini adalah sebaiknya Anda mencari tahu iklim investasi properti di Palembang. Ternyata apa yang dilakukan Paijo salah karena ternyata developer di Palembang belum terlalu tertarik untuk melakukan pembangunan di daerah yang jauh dari kota. Akan lebih baik jika dulu Paijo membeli tanah di daerah perkotaan saja. Maka kemungkinan Paijo untuk meraup keuntungan akan lebih besar lagi. Inilah pentingnya untuk menghindari hanya bersikap latah saja dengan investasi tanah. Jika Anda ingin berhasil, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya atau Anda hanya akan gigit jari saja nantinya.