Pusing Karena Punya Ruko Disewakan di Palembang tapi Tidak Laku-laku? 3 Alternatif Ini Bisa Jadi Solusinya

Dengan semakin berkembangnya perekonomian di daerah Palembang, wajar jika semakin banyak ruko-ruko yang disewakan. Properti tersebut disewakan untuk menunjang geliat bisnis di Kota Pempek ini. Mungkin Anda juga termasuk orang yang ingin melakukan hal yang sama. Bisa jadi Anda sudah mengiklankan di berbagai media dengan menyebutkan “ruko disewakan di Palembang” berikut informasi detail mengenai ruko tersebut. Tapi ternyata ruko Anda belum juga ditawar oleh orang yang ingin menyewa. Apakah ada yang salah dengan ruko Anda? Jika Anda yakin dengan kualitas dari ruko Anda dan Anda juga sudah melakukan survey terhadap harga pasaran sewa ruko, mungkin beberapa solusi di bawah ini bisa membantu agar ruko Anda cepat laku disewa.

1. Pikirkan Metode Pembayaran Sewa

Mengiklankan ruko untuk disewa di beberapa media seperti yang sudah disebutkan sebelumnya memang merupakan langkah awal yang baik. Coba Anda lihat di bawah ini, ada daftar ruko yang sedang disewakan.

Jika Anda sudah memasang seperti yang bisa dilihat di atas, secara langsung Anda memberi tahu masyarakat bahwa Anda memiliki ruko yang sedang disewakan. Tapi seringkali memasang iklan saja tidak cukup.

 

Menurut survey yang sudah pernah dilakukan, pihak pemilik ruko itu kadang melupakan hal-hal yang berhubungan dengan metode pembayaran sewanya. Umumnya pemilik ruko meminta penyewa untuk membayar biaya sewa secara kontan di muka. Sebenarnya metode ini tidak terlalu ramah bagi para penyewa khususnya bagi mereka yang baru saja memulai bisnis mereka. Nah, kenapa Anda tidak mencoba menawarkan metode pembayaran yang bisa mempermudah pihak penyewa? Sebagai contoh, biaya sewanya bisa diangsur selama 4 bulan. Cantumkan informasi tersebut di iklan Anda dan Anda akan menemukan peluang ruko Anda untuk disewa akan semakin besar. Makin banyak orang yang menanyakan tentang ruko yang Anda sewakan tersebut hanya karena Anda memberikan fleksibilitas lebih untuk masalah pembayarannya. 

2. Jalankan Bisnis Sendiri

Ya, jika Anda sudah berusaha menawarkan ruko disewakan di Palembang tapi ternyata masih juga tidak laku-laku, kenapa Anda tidak mencoba menggunakan ruko tersebut untuk membangun bisnis Anda sendiri? Anda harus tahu bahwa biaya sewa tempat merupakan salah satu alokasi dana terbesar bagi perusahaan, khususnya yang belum mempunyai tempat operasional bisnis sendiri. Dengan memiliki ruko, Anda sebenarnya cukup beruntung dibandingkan orang lain tersebut karena Anda tidak perlu bingung dengan masalah biaya sewa tempat usaha. Anda hanya perlu fokus mengelola bisnis Anda agar bisa semakin berkembang tanpa harus mumet masalah beban sewa. Dan perlu Anda sadari, karena biaya sewa tempatnya nol rupiah, margin keuntungan Anda jika dibandingkan dengan biaya produksi akan semakin besar.

3. Bekerjasama dengan Orang Lain

Khusus untuk tips yang satu ini berlaku jika Anda bukan tipe orang yang memiliki jiwa bisnis tapi Anda memiliki properti berupa ruko. Membuka bisnis sendiri dengan memanfaatkan ruko Anda seperti yang dijelaskan di solusi alternatif nomor 2 di atas bisa jadi bukan jalan keluar yang terbaik bagi Anda. Lalu bagaimana jika Anda bekerjasama dengan orang lain saja untuk menjalankan sebuah bisnis. Jadi partner Anda-lah yang akan mengurus operasional bisnis dan Anda bertindak sebagai penyedia tempat saja. Nantinya Anda akan mendapatkan imbal balik dari keuntungan yang diperoleh dari bisnis tersebut. Jadi, pada dasarnya Anda menginvestasikan biaya sewa ruko ke bisnis partner Anda tersebut dan oleh karenanya, Anda berhak mendapatkan keuntungan darinya.

 

Bagaimana 3 solusi alternatif di atas? Menarik bukan? Daripada Anda pusing-pusing memikirkan ruko yang tidak kunjung laku disewa, tampaknya alternatif-alternatif di atas bisa menjadi solusi yang terbaik.