Ingin Sewa Gudang di Palembang? Beberapa Tips ini Mungkin Bisa Membantu Mendapatkan Gudang Terbaik untuk Bisnis Anda

Palembang merupakan salah satu daerah di Sumatera yang sering dijadikan gerbang ekonomi dengan daerah lain termasuk Pulau Jawa. Inilah kenapa geliat bisnis di Palembang sangatlah dinamis. Banyak sekali pengusaha yang menggunakan Palembang sebagai “base” bisnis mereka seperti dengan menyewa gudang-gudang di Palembang untuk menyimpan komoditas bisnis yang kemudian didistribusikan ke daerah lain di Pulau Sumatera. Jika Anda merupakan pengusaha seperti itu dan sedang mencari gudang untuk disewa di Palembang, cobalah tengok beberapa tips di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan gudang yang benar-benar bisa memenuhi ekspektasi Anda.

Apakah Lokasi Gudang Penting?

Pertanyaan semacam ini terdengar konyol tapi ternyata banyak ditanyakan. Sebagian orang menganggap bahwa lokasi gudang bukanlah hal yang paling utama karena toh hanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang saja untuk sementara. Sebagai contoh, untuk menyimpan barang dagangan untuk keperluan distribusi nantinya. Jadi sepertinya mengambil lokasi di manapun bukanlah masalah. Tapi bagaimana jika kemudian Anda asal memilih lokasi gudang dan kemudian Anda mengetahui bahwa akses masuk ke gudang tersebut tidak terlalu bagus? Bukankah akan menimbulkan masalah tersendiri bagi usaha/bisnis Anda?

Inilah kenapa, lokasi sangatlah penting jika Anda ingin sewa gudang di Palembang. Apalagi di Palembang, masih terdapat beberapa lokasi gudang yang ternyata aksesnya masih cukup susah dijangkau apalagi oleh kendaraan kontainer yang besar. Yang paling sering terjadi adalah jalan akses masuk yang terlalu sempit untuk dilalui kendaraan pengangkut. Jika Anda tetap memilih gudang seperti itu, bisa jadi nanti sirkulasi distribusi komoditas yang Anda jual bisa menjadi terganggu dan bisa memberikan efek yang tidak baik untuk bisnis atau usaha Anda nantinya.

Apa Saja Fasilitasnya?

Memang, pada dasarnya, saat Anda ingin melakukan sewa gudang di Palembang, Anda hanya membutuhkan satu tempat yang layak untuk menyimpan barang-barang Anda. Tapi Anda tidak hanya bisa mengandalkan hal tersebut saja. Anda juga harus memperhatikan fasilitas-fasilitas lainnya yang ditawarkan dalam paket sewa gudangnya. Sebagai contoh, apakah sudah terdapat pos satpam atau security di sana? Bagaimana dengan kondisi listrik dan airnya? Apakah ada fasilitas lain yang berhubungan dengan barang yang Anda simpan di gudang tersebut seperti fasilitas pendingin ruangan karena barang yang Anda simpan harus disimpan di suhu tertentu? Hal-hal tersebut juga harus Anda pikirkan agar Anda bisa mendapatkan kepuasan yang lebih optimal dan kondisi barang yang Anda simpan di gudang akan lebih terjaga.

Siap Digunakan atau Perlu Direnovasi?

Pertanyaan ini juga harus bisa Anda temukan jawabannya sesegera mungkin. Sebagai pelaku bisnis yang membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan komoditas bisnis Anda, tentunya Anda ingin gudang tersebut sudah bisa langsung digunakan. Tujuannya tentu saja untuk memastikan agar Anda bisa tetap menjalankan roda bisnis Anda tanpa harus terganggu dengan kenyataan bahwa gudang tempat penyimpanannya ternyata harus direnovasi. Bila renovasinya hanya memakan waktu yang sebentar dan Anda menilainya sesuai dengan harga yang ditawarkan, maka mungkin tidak akan masalah. Tapi bagaimana jika ternyata renovasinya memakan waktu yang lama dan tidak sebanding dengan harga sewa gudangnya, tentunya Anda akan merasa kecewa. Inilah kenapa, pengecekan kondisi gudang secara menyeluruh sebelum membuat keputusan apakah akan menyewanya atau tidak sangatlah penting.

Berapa Harga Sewanya?

Yang terakhir tentu saja adalah harga sewanya. Coba Anda bandingkan harga sewanya dengan berbagai aspek seperti lokasi gudangnya, fasilitasnya, dan hal-hal yang lainnya. Kemudian, Anda juga harus paham bahwa harga sewa gudang memiliki kecenderungan untuk terus naik seiring berjalannya waktu. Jadi, jika Anda menyewa dalam waktu yang lama, besar kemungkinan Anda akan membayar biaya sewa yang meningkat. Untuk menyiasati hal ini, cobalah untuk melakukan sewa gudang dalam durasi waktu yang lama sekaligus khususnya jika Anda memang sudah mantap dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan gudang tersebut. Sebagai contoh, Anda menyewa langsung untuk 5 tahun atau bahkan 10 tahun ke depan. Dengan demikian, Anda akan menutup peluang bagi pemilik gudang untuk menaikkan harga sewanya paling tidak selama durasi sewa tersebut.

 

Semoga beberapa penjelesan mengenai tips untuk menyewa gudang di Palembang di atas bisa membantu Anda mendapatkan gudang yang terbaik untuk mendukung bisnis Anda. Dan untuk semakin mempermudah Anda dalam melakukan pencarian, mungkin Anda bisa melihat daftar gudang yang sedang disewakan di Palembang seperti yang tertera di bawah ini. Cobalah lihat apakah ada yang kira-kira pas dengan kriteria yang Anda inginkan?