Potensi Keuntungan dan Kerugian dari Jika Anda Memilih untuk Sewa Ruko di Palembang Sebagai Tempat Usaha

Sebagai salah satu unsur yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha, Anda harus memikirkan masak-masak mengenai masalah tempat usaha Anda. Kecuali jika usaha Anda merupakan usaha online yang tidak membutuhkan tempat yang nyata, Anda harus memastikan bahwa pelanggan Anda bisa menemukan usaha Anda dengan mudah. Bagi Anda penggiat bisnis di Kota Palembang, apabila Anda sudah memiliki tempat yang bisa digunakan sebagai “basecamp” usaha Anda, maka Anda patut merasa bersyukur. Tapi jika Anda belum memilikinya, mau tidak mau Anda harus berburu tempat usaha sesegera mungkin agar Anda bisa segera menjalankan usaha Anda.

 

Ada dua macam pilihan yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah membeli tempat usaha. Untuk opsi yang satu ini, tentu saja Anda akan membutuhkan banyak uang. Tapi sebagai imbalannya, Anda akan memiliki tempat usaha sendiri yang bisa menjadi salah satu bentuk investasi properti Anda. Kemudian opsi yang kedua adalah menyewa. Sebagai contoh, Anda bisa menyewa ruko. Anda harus tahu bahwa sebenarnya banyak sekali orang yang menawarkan sewa ruko di Palembang untuk mereka yang membutuhkan tempat usaha tapi tidak memiliki uang untuk membelinya. Anda bisa melihat berbagai pilihan ruko yang disewakan seperti di bawah ini

Keuntungan dan Kerugian dari Menyewa Ruko

Keuntungan dari menyewa ruko tentu saja adalah kesempatan bagi Anda untuk menghemat lebih banyak uang. Harga menyewa ruko sebagai tempat usaha tentu saja jauh lebih murah ketimbang membeli tempat usaha tersebut. Jadi kemungkinkan Anda untuk balik modal akan bisa lebih cepat lagi. Menyewa ruko juga dinilai sebagai alternatif yang baik bagi pelaku usaha di Palembang yang masih pemula dan masih belum memiliki pasar yang pasti.

Anggap saja Anda sudah menyewa ruko, kemudian Anda menyadari bahwa ternyata tempat tersebut tidak terlalu bagus untuk usaha Anda. Anda bisa langsung mencari tempat lain yang sekiranya lebih bagus dan melakukan oper kontrak untuk ruko tersebut. Jadi kemungkinan Anda untuk rugi bisa lebih kecil. Bayangkan jika Anda membeli tempat usaha ruko tersebut dan ternyata tempatnya kurang layak untuk menjalankan bisnis. Tentu saja Anda akan rugi banyak uang. Namun, menyewa ruko membuat Anda harus mengalokasikan sejumlah uang untuk membayar perpanjangan sewa ruko tersebut jika memang Anda berkenan yang mungkin akan menjadi cukup merepotkan.

Perhatikan 2 Hal Ini Agar Tidak Menyesal Nantinya

Jika Anda memang sudah mantap dengan niatan untuk menyewa ruko sebagai tempat usaha Anda alih-alih membeli, pastikan Anda melakukan 2 hal berikut ini.

1. Pastikan Lokasinya Tepat

Hal ini amat sangat penting dan krusial bagi usaha Anda nantinya. Yang namanya lokasi sebuah usaha haruslah strategis jika tujuannya adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Bagaimana mungkin Anda mengharapkan bisa meraup keuntungan dengan cara mendatangkan banyak pelanggan ke tempat usaha Anda tapi ternyata tempat usaha Anda lokasinya susah dijangkau atau daerahnya tidak cocok untuk lokasi usaha. Aspek yang satu ini memang harus Anda pikirkan masak-masak agar Anda tidak menyesal nantinya.

Memang, jika Anda merasa ruko tersebut ternyata kurang cocok untuk usaha Anda, Anda bisa langsung pindah ke tempat lain (seperti yang sudah disebutkan sebelumnya). Tapi bukanlah hal tersebut akan membuat Anda repot karena proses pemindahan juga akan memakan waktu, tenaga dan juga biaya?

2. Perhatikan Legalitasnya

 

Sebelum Anda memutuskan untuk sewa ruko di Palembang, pastikan juga legalitasnya apakah SHM atau masih HGB. Pastikan sertifikatnya karena nantinya bisa mempengaruhi bisnis Anda. Jika memang sudah SHM dan Anda sudah memastikannya, maka seharusnya tidak ada masalah lagi. Tapi jika masih HGB, coba lihat IMB dan masa berlaku dari bangunan tersebut. Jangan sampai waktu Anda sedang menyewa, ternyata masa pakai ruko tersebut sudah habis. Yang akan terkena dampaknya adalah usaha Anda. Bayangkan jika Anda harus dipaksa pindah dari ruko tersebut karena masa berlaku yang habis padahal “pasar” di sekitar ruko yang Anda sewa tersebut sudah mulai berhasil Anda dapatkan.