Perhatikan Hal-hal Ini Jika Anda Tertarik untuk Membeli Tanah Dijual di Palembang dalam Bentuk Kavling!

Apabila Anda tertarik untuk melakukan investasi properti di bidang tanah di Kota Palembang, berburu tanah dijual di Palembang merupakan hal yang hukumnya wajib ‘ain untuk Anda lakukan. Memang bisa saja penjual tanah menawarkan pada Anda yang tentunya akan memudahkan Anda. Tapi sampai kapan Anda akan menunggu sampai pihak yang menjual tanah datang ke tempat Anda atau paling tidak mengontak Anda? Akan lebih cukup jika Anda yang jemput bola dan melakukan tindakan proaktif dengan mencari secara langsung tanah yang sedang dijual tersebut.

Tanah Kavling Sebagai Investasi

Ketika Anda mencari tanah yang akan Anda jadikan investasi di Kota Palembang, sangat mungkin bagi Anda untuk menemukan bahwa ada tanah dijual di Palembang dengan kondisi kavling. Apakah tanah kavling itu? Pada dasarnya, tanah kavling tidak ada bedanya dengan tanah yang dijual dengan cara biasa. Tapi yang membedakan adalah sertifikat tanah kavling yang umumnya terpecah. Pemecahan tersebut bisa jadi dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang sah dan legal. Dan asal mula dari pemecahan itu bisa jadi dari sertifikat induk yang merupakan hasil penggabungan beberapa sertifikat maupun dari satu sertifikat induk yang biasa.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya hampir tidak ada perbedaan antara tanah kavling dan tanah biasa terutama untuk masalah ketentuan dan juga persyaratan jual belinya. Asalkan semuanya jelas, yang mencakupi subyek hukum yang sah (yaitu pihak penjual dan pembeli) dan tanahnya juga memiliki status yang sah, maka proses jual beli bisa dilakukan menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan transaksinya akan dianggap sah. Inilah kenapa beberapa pengecekan sebaiknya Anda lakukan jika Anda tertarik untuk membeli tanah kavling. Apa saja pengecekannya?

Sertifikat Tanahnya

Yang paling penting dalam membeli tanah kavling tentu saja adalah sertifikatnya. Apakah sudah SHM atau masih dalam status HGB saja. Mana yang lebih baik? Sebenarnya kembali lagi kepada preferensi dan tujuan investasi Anda meskipun sangat disarankan untuk memilih yang SHM. Kalaupun masih HGB, cobalah mencari tahu mengenai siapa yang akan menanggung biayanya jika status sertifikat ditingkatkan menjadi SHM.

Lihat Akses Jalannya

Hal ini berhubungan dengan tujuan investasi Anda. Bagaimanapun, jika nantinya tanah tersebut akan Anda bangun menjadi kompleks perumahan, Anda harus pastikan perumahan tersebut bisa diakses dengan mudah. Jadi sangat disarankan agar Anda memilih tanah dengan akses yang cukup karena nantinya akan meningkatkan nilai investasi tanah Anda.

Cobalah Cari Tahu Asal Usul Tanah

Sebenarnya hal ini bisa dikatakan tidak terlalu penting-penting amat. Tapi tetap disarankan untuk dilakukan karena bisa jadi memiliki imbas pada investasi Anda nantinya. Sebagai contoh, sangat tidak disarankan bagi Anda untuk membeli tanah kavling bekas kuburan karena nantinya akan susah bagi Anda untuk mencari pembeli yang mau membeli rumah yang Anda banging di atas tanah kavling tersebut.

Periksalah Batas Tanahnya

Anda harus jeli mengenai masalah ini karena posisi Anda sebagai pembeli tanah kavling meskipun bisa jadi nantinya akan Anda jual kembali sebagai bentuk investasi. Pastikan agar batas tanah kavling sama dengan yang tertera pada sertifikat agar tidak ada masalah yang timbul di kemudian hari.

Potensi Perkembangan Lingkungan

Lagi-lagi berhubungan dengan invetasi. Cobalah cari tahu potensi perkembangan yang mungkin terjadi di lingkungan tanah kavling tersebut. Sebagai contoh, tidak jauh dari tanah kavling tersebut akan dibangun kampus baru. Maka Anda bisa semakin memantapkan hati untuk membeli tanah kavling tersebut karena Anda tahu jika Anda mendirikan kos-kosan di sana, maka investasi Anda akan semakin menguntungkan.

 

Bagaimana? Ternyata ada cukup banyak hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membeli tanah kavling untuk investasi Anda bukan? Jika Anda sedang mencari tanah sedang yang di jual di Palembang, Anda bisa lihat daftar yang tertera di bawah ini. Semoga bisa mempermudah proses “perburuan” tanah kavling untuk keperluan investasi Anda.